Tutorial belajar 3Ds max multi/sub-object material

Saya akan berbagi tips untuk belajar 3Ds max, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penggunaan material sub-object.
Tidak semua satu object 3D menggunakan satu material saja, oleh karena itu kadang kita memasangkan 2 jenis material atau lebih pada satu object 3D, dan untuk mengatasi hal ini salah satunya adalah dengan menggunakan multi/sub-object material, untuk detailnya silahkan ikuti detail langkah-langkah saya berikut:



1. Buka 3Ds max anda.

2. Silahkan membuat object box dengan parameter length 20, width 50, dan height 5 kemudian tambahkan length segment menjadi nilai 3 kemudian klik kanan ( object dalam keadaan terpilih ) dan convert to editable poly sehingga anda akan mempunyai hasil seperti dibawah ini.
jatipedia

3. Masih dalam keadaan box terpilih kemudian pilih tab modify, pada rollout selection pilih polygon kemudian pilih face 1 dan scroll kebawah di rollout Edit Polygons extrude dengan nilai 10.

4. Lakukan langkah yang sama dengan langkah 3 untuk face yang nomor 2 dengan memakai nilai 5 untuk extrudenya, sehingga anda akan memperoleh hasil seperti berikut.
jatipedia.com

5. Setelah object siap langkah selanjutnya adalah membuat materialnya, silahkan tekan M pada keyboard anda kemudian klik pada kotak yang bertuliskan standart kemudian pilih map Multi Sub-Object dengan mengekliknya 2 kali atau tekan tombol OK dibawahnya.
jatipedia
Kalau memang material masih kosong atau belum diedit silahkan pilih discard old material, dan sebaliknya. Setelah terpilih hapus dan sisakan hanya 4 slot material karena disini saya akan menggunakan 4 macam material yang berbeda dalam satu object.

6. Buat material untuk tiap slot materialnya. Pilih dan klik slot pertama kemudian dalam rollout Maps pilih diffuse dan klik bitmap untuk memasukkan gambar, lakukan langkah yang sama untuk tiap slotnya. Untuk materialnya saya menggunakan gambar dibawah ini.
Tutorial multi sub object
Tutorial multi sub object
Tutorial multi sub object
dan untuk material slot keempat saya hanya menggunakan warna saja untuk material dominannya.

7. Langkah selanjutnya, tinggalkan dahulu materialnya, pilih object yang sudah dibuat tadi, kemudian ke tab modify lagi dan pilih polygon, pilih face ke satu kemudian scroll kebawah di rollout Polygon Properties dan pasangangkan ID material 1, langkah yang sama untuk face ke dua ID 2 dan face ke tiga ID 3 dan sisanya ID 4.
ID disini berfungsi untuk indentitas material yang ada pada multi sub object anda yang akan di apply ke face tertentu, jika dirubah-rubah tinggal dilihat lagi aja ID di material editor.

8. Setelah langkah 7 selesai, langsung pasangkan material ke object box yang sudah dibuat tadi, render untuk melihat hasilnya. Jika ukuran gambar kurang sesuai bisa ditambahkan modifier UVWmap dan mengganti ukuran parameter di UVWmap menjadi length 7, width 50 dan height 15.

Untuk hasil ahirnya seperti gambar dibawah ini, yang beda hanyalah pada alasnya saja, saya menggunakan VrayDisplacementMod untuk mendapatkan tekstur seperti itu.


Selamat mencoba multi sub object material :D


3Ds Max multi sub-object

sumber : jatipedia.com